RS Panti Wilasa Citarum Dalam Perjumpaan Dengan Gereja Sekota Semarang

Selasa, 14 Mei 2013 - 12:38:34 WIB
Diposting oleh : Suko Dwi Nugroho
Kategori: Seputar Rumah Sakit - Dibaca: 464144 kali

Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang sebagai sebuah rumah sakit yang terlahir sebagai rumah sakit yang dibidani oleh Gereja Kristen Jawa (GKJ) dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) adalah sebuah rumah sakit yang melayani dengan nafas kristiani. Semenjak berdiri 40 tahun yang lalu, nilai-nilai ini terus dijaga dan dipertahankan. Kedekatan antara RS Panti Wilasa Citarum Semarang dengan Gereja, baik gereja pendiri maupun gereja yang ada di sekitarnya, terbilang sangat baik. Tidak hanya saling mendukung dalam arti rohani, tetapi juga saling mendukung dalam hal pengembangan pelayanan.

Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-40 tahun, Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum menggagas pertemuan antara gereja-gereja di Kota Semarang baik protestan maupun katolik untuk berdialog dengan RS Panti Wilasa Citarum. Acara yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 13 Mei 2013, bertempat di Aula RS Panti Wilasa Citarum ini dihadiri tidak kurang dari 40 orang pendeta dan pekerja gereja.

Pukul 10.00 WIB acara dimulai dengan sambutan Direktur RS Panti Wilasa Citarum, dr. Susetyo, Sp.A yang mempresentasikan perkembangan RS Panti Wilasa Citarum beserta dengan pencapaian-pencapaian yang sudah dilakukan. Tidak lupa dalam presentasinya, dr. Susetyo, Sp.A juga memaparkan beberapa kerjasama yang sudah terjalin antara RS Panti Wilasa Citarum dengan gereja-gereja baik di kota Semarang maupun di luar kota Semarang. Seusai presentasi tentang rumah sakit dilakukan, dr. Susetyo, Sp.A selaku direktur RS didampingi oleh dr. Liestijarini Darjanti, M.Kes selaku Wakil Direktur Pelayanan dan Drg. Kriswidiati selaku ketua tim Sosio Marketing membuka dialog dengan para hadirin. Respon yang antusias ditampilkan oleh para peserta yang hadir, beberapa komentar, masukan, kritikan di terima oleh perwakilan manajemen dengan ucapan terima kasih dan janji untuk menindaklanjuti masukan yang diberikan.

Dalam tanya jawab ini juga mencuat usulan dari gereja untuk memberikan pelayanan kepada warga jemaat dengan sistem dana bantuan gereja. Tentu saja usulan ini di apresiasi positif oleh manajemen, terlebih dengan adanya program Ministry Card dan Kids Card sebuah kartu benefit yang diberikan kepada pendeta dan anak-anak sekolah dari RS Panti Wilasa Citarum.

Besarnya respon dari para peserta diiringi dengan terbatasnya waktu, memaksa panitia untuk sesaat menghentikan proses tanya jawab dan berjanji untuk membuka tanya jawab di lain waktu atau sesudah acara berakhir, dalam acara ramah tamah.

Sesi kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembicara utama dalam acara ini yaitu Bapak Kuriake Kharismawan, M.Si psikolog dan dosen pengajar di Unika Soegija Pranata Semarang yang memfokuskan diri kepada gangguan stress. Dalam materi yang disampaikan dengan tajuk “Manajemen Stress”, pembicara memaparkan dengan gaya humornya yang mengigit tanpa mengabaikan kualitas isi dari materi yang disampaikan. Dengan cermat pembicara menjelaskan cikal bakal terjadinya stress, mengukur tingkat stress seseorang, akibat yang ditimbulkan dari stress sampai dengan bagaimana cara mengelola stress. Meskipun para peserta di dominasi oleh para rohaniawan, tawa dan gurau terdengar renyah dimana-mana saat mendengar penjelasan yang diberikan oleh nara sumber ini. Meskipun tanpa ada sesi tanya jawab seusai pemaparan materi, karena keterbatasan waktu, namun para peserta terlihat puas dan disegarkan dengan materi tersebut.

Acara yang diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama ini, digunakan oleh para peserta untuk bercengkrama ringan sesama pekerja gereja. Ada harapan di masa mendatang dari para peserta, bahwa kesempatan dialog antara RS Panti Wilasa Citarum dan Gereja ini menjadi sesuatu yang lebih rutin dilakukan untuk membuka sumbatan-sumbatan yang selama ini tertutup. (SkD)



0 Komentar :

Customer Service Online

• Customer Care


YM : 09.00 s.d. 19.00 WIB
Jam Berkunjung

RUANG ANGGREK, BOUGENVILE, CEMPAKA, DAHLIA & FLAMBOYAN

Pagi : 10.00-13.00 WIB

Sore : 16.30-19.00 WIB

 

RUANG ICU & HCU

Pagi : 10.00-12.00 WIB

Sore : 17.00-19.00 WIB

 

RUANG PERISTI

Pagi : 10.00-11.30 WIB

Sore : 17.00-18.30 WIB


Promosi & Events Terbaru
 

LOGIN USER

Apakah Anda sudah menjadi Customer kami? Jika belum DAFTAR, di sini.

 
 
  • Username
  • Password