20180727b9cc8bf668fa630344ced75387ae7c5b0ba7a223051330


Kritik & Saran

Pendaftaran Online

Petunjuk Jalan

Pelayanan rawat inap adalah pelayanan kesehatan pemulihan kesehatan pasien dengan melakukan perawatan pengawasan berkelanjutan terhadap kondisi kesehatan pasien yang ditempatkan pada kamar perawatan di rumah sakit. Pasien tinggal menetap dalam rentang waktu tertentu di rumah sakit, dengan tujuan perawatan

 

  1. Bangsal Angrek

    Adalah bangsal perawatan dengan kasus penyakit bedah, mata dan THT.
     
  2. Bangsal Bougenville

    Adalah bangsal perawatan dengan kasus kebidanan dan kandungan
     
  3. Bangsal Cempaka

    Adalah bangsal perawatan dengan kasus penyakit dalam, kulit, saraf, dan kesehatan jiwa
     
  4. Bangsal Dahlia

    Adalah bangsal perawatan dengan kasus penyakit anak
     
  5. Bangsal Flamboyan

    Adalah bangsal perawatan kelas VIP
     
  6. Bangsal gardenia
    Adalah bangsal perawatan transit bagi pasien yang membutuhkan perawatan segera namun ruang yang dikehendaki / sesuai haknya belum tersedia.
     
  7. Inter Mediate Care Unit
    Adalah bangsal perawatan bagi pasien yang membutuhkan perawatan dan pendampingan yang terus menerus
     
  8. Bangsal Intensive Care Unit

    Adalah bangsal perawatan bagi pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan pengawasan ketat
     
  9. Ruang Perinatologi

    Adalah ruang perawatan bagi bayi yang membutuhkan perawatan khusus

 


KEWAJIBAN PASIEN :

  1. Mematuhi peraturan yang berlaku di Rumah Sakit;
  2. Menggunakan fasilitas rumah sakit secara bertanggungjawab;
  3. Menghormati hak-hak pasien lain, pengunjung dan hak Tenaga Kesehatan serta petugas lainnya yang bekerja di rumah sakit ;
  4. Memberikan informasi yang jujur, lengkap dan akurat sesuai kemampuan dan pengetahuannya tentang masalah kesehatannya;
  5. Memberikan informasi mengenai kemampuan finansial dan jaminan kesehatan yang dimilikinya;
  6. Mematuhi rencana terapi yang direkomendasikan oleh Tenaga Kesehatan di rumah sakit dan disetujui oleh Pasien yang bersangkutan setelah mendapatkan penjelasan sesuai ketentuan peraturan perundangundangan;
  7. Menerima segala konsekuensi atas keputusan pribadinya untuk menolak rencana terapi yang direkomendasikan oleh Tenaga Kesehatan dan/atau tidak mematuhi petunjuk yang diberikan oleh Tenaga Kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit atau masalah kesehatannya; dan
  8. Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima

 

HAK PASIEN :

Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum menghormati hak pasien dan keluarga selama dalam asuhan sebagaimana ditetapkan dalam peraturan UU RI No. 44 Tahun 2009 pasal 32 yang berisi sebagai berikut :

  1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit;
  2. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien;
  3. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi;
  4. Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur profesional ;
  5. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi;
  6. Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan;
  7. Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di rumah sakit;
  8. Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang memiliki surat izin praktik [SIP] baik di dalam maupun di luar rumah sakit;
  9. Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya;
  10. Mendapatkan informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan;
  11. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya;
  12. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis;
  13. Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya;
  14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di rumah sakit;
  15. Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakukan rumah sakit terhadap dirinya;
  16. Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya;
  17. Menggugat dan / atau menuntut rumah sakit apabila rumah sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara perdata ataupun pidana; dan

Mengeluhkan pelayanan rumah sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


Kamar Kelas VVIP

Tarif Per Hari:Rp. / hari

Tarif Visite Dokter:Rp. / hari

  • 1 Tempat Tidur, Kamar Mandi Dalam, Sofa, Almari, Kursi, Wastafel, AC, Kulkas, TV, Airphone

Kamar Kelas VIP

Tarif Per Hari:Rp. / hari

Tarif Visite Dokter:Rp. / hari

  • 1 Tempat Tidur, Kamar Mandi Dalam, Sofa, Almari, Kursi, AC, TV, Airphone

 

Kamar Kelas I

Tarif Per Hari:Rp. / hari

Tarif Visite Dokter:Rp. / hari

  • 1 Tempat Tidur, Kamar Mandi Dalam, Sofa, Almari, Kursi, AC, TV, Airphone

Kelas II

Tarif Per Hari:Rp. / hari

Tarif Visite Dokter:Rp. / hari

  • 4 - 6 Tempat Tidur, Kamar Mandi Luar, Almari, Kursi, Kipas Angin, Airphone

Kamar ICU / PICU / NICU

Tarif Per Hari:Rp. / hari (rata-rata) ; Rp. / hari (Isolasi)

Tarif Visite Dokter:Rp. / hari

Kamar Besalin

 

Tarif Per Hari:Rp. / hari (rata-rata) ; Rp. / hari (VIP)

Tarif Visite Dokter:Rp. (Rata-rata); / hari (VIP)

Kamar Peristi

Tarif Per Hari                    :  Rp. / hari
Tarif Visite Dokter               :  Rp. / hari

 

 

 

 


PROSEDUR MEDIS

Selama perawatan, Anda akan menjalankan berbagai prosedur pemeriksaan dan tindakan untuk menegakkan diagnosa maupun terapi sesuai dengan kondisi Anda. Beberapa tindakan yang terkait pemasangan alat medis (invasif) membutuhkan persetujuan tertulis dari Anda atau keluarga yang mewakili. Pastikan Anda memahami tujuan setiap tindakan sebelum dilaksanakan. Bila kurang jelas, silakan bertanya kembali pada Perawat.

Tidak semua tindakan dapat dilaksanakan di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum. Dalam hal ini, kami upayakan rujukan ke tempat lain yang memiliki fasilitas tersebut dengan di dampingi oleh petugas kami.

Apabila ada biaya tindakan medis, pengobatan, pemeriksaan laboratorium yang melebihi nominal Rp 100.000,- maka anda akan diminta persetujuan biaya terlebih dahulu, kecuali tindakan darurat / emergensi.

 

PELAYANAN MAKAN

Makanan yang kami sajikan untuk pasien telah di atur seusai dengan ketentuan diet dan kebutuhan pasien. Adapun jadwal makan dari pasien adalah sebagai berikut:

WAKTU

MAKAN

SNACK

PAGI

07.00 – 08.00

09.00 – 09.30

SIANG

12.00 – 13.00

  •  

SORE

16.00 – 18.00

15.00 – 16.00

 

Khusus menu makan pagi, kami menyediakan menu pilihan sesuai dengan yang ditawarkan di dalam formulir menu pilihan pagi, yaitu : bubur ayam, nasi goreng atau roti. Untuk kelas VIP penunggu pasien mendapat pilihan menu pagi. Segala sesuai yang terkait dengan diet makanan hubungi Ahli Gizi rumah sakit kami.

 

PELAYANAN KEROHANIAN

Rumah Sakit Menyediakan pelayanan kerohanian bagi pasien. Apabila pasien / keluarga pasien menghendaki pelayanan kerohanian, pasien / keluarga bisa menghubungi perawat jaga ruangan.

 

  1. JAM BERKUNJUNG

Selama Anda dirawat di rumah sakit Anda perlu untuk beristirahat dalam jumlah yang cukup, sehingga bila diperlukan Anda harus untuk membatasi jumlah pengunjung. Bila Anda menderita penyakit infeksi, anak-anak dibawah usia dua belas tahun tidak diizinkan untuk mengunjungi Anda.

 

KARTU TUNGGU PASIEN

Bila keluarga pasien bermaksud tinggal di rumah sakit untuk menunggu pasien, Anda harus memiliki Kartu Tunggu. Tanpa kartu tunggu Anda tidak diperkenankan untuk menunggu pasien diluar jam berkunjung. Kartu tunggu ini berlaku untuk satu orang. Kartu tunggu dapat diperoleh pada petugas IGD atau petugas admisi. Pada saat pasien pulang dari rawat inap kartu tunggu dikembalikan ke perawat di ruang rawat inap saat mengambil obat pulang dan surat kontrol.

Ketentuan Kartu Tunggu Pasien :

  1. Kartu hanya berlaku untuk satu orang
  2. Kartu harus dibawa selama menunggu pasien di RS Panti Wilasa Citarum
  3. Kartu harus diserahkan kepada petugas / perawat jaga apabila pasien pulang / selesai rawat inap.

 

KEAMANAN BARANG

Petugas keamanan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum selalu siaga 24 jam sehari. Kami sarankan agar Anda tidak membawa barang berharga. Bila Anda akan meninggalkan ruang perawatan (untuk tindakan operasi, pemeriksaan, dll), pastikan ada keluarga yang menjaga barang-barang Anda, atau melakukan proses penitipan barang sesuai dengan prosedur yang berlaku di rumah sakit.

 

PROSEDUR PULANG PASIEN

Pasien diperbolehkan pulang setelah mendapat instruksi dari dokter penanggungjawab. Apabila pasien atas keinginan sendiri menghendaki pulang / tidak melanjutkan perawatan, pasien diwajibkan mengisi surat penolakan.

 

PENATALAYANAN JENAZAH

Setelah pasien meninggal, Jenasah akan dibersihkan dan dimandikan. Jenasah akan diobservasi selama dua jam di ruang rawat inap, sementara keluarga pasien mengurus biaya administrasi. Setelah dua jam jenasah dibawa ke ruang jenasah dan diserahkan kepada petugas ruang jenasah. Serah terima jenasah kepada keluarga dilakukan oleh petugas ruang jenasah


Pemesanan kamar adalah layanan penyediaan kamar yang diberikan kepada pasien yang bermaksud memesan kamar rawat inap dikarenakan berbagai alasan. Pemesanan kamar disediakan bagi pasien yang sudah menerima surat perintah opname [SPO] dari dokter namun tidak harus / tidak bisa segera dirawat karena : (1) Jadwal program operasi yang sudah ditentukan, (2) Kamar perawatan yang dikehendaki tidak tersedia.

Pemesanan kamar untuk rawat inap bisa dilakukan di unit Admisi Rawat Inap setiap hari dengan membawa surat pengantar opname, dokumen kelengkapan penjamin, dan kartu identitas dari pasien.



© 2018 RS Panti Wilasa Citarum Semarang. All rights reserved //Dev BjTech V-1.0