Kritik & Saran

Pendaftaran Online

Petunjuk Jalan

Tanggal 05 Mei 2015 adalah hari yang penting bagi RS Panti Wilasa Citarum, karena pada hari inilah RS Panti Wilasa Citarum merayakan hari jadinya yang ke 42 tahun. Suasana pagi hari pada tanggal 05 Mei 2015 di aula RS Panti Wilasa Citarum tampak berbeda dibanding hari-hari lainnya, selain karena dekorasi taman yang tampak hijau segar pada hari itu RS Panti Wilasa Citarum mengadakan ibadah syukur khusus untuk merayakan hari jadinya.

Tepat pukul 07.00 WIB acara ibadah dimulai dengan prosesi selebrasi dan potong tumpeng ulang tahun, yang dilakukan oleh Direksi dan diserahkan kepada dua perwakilan karyawan paling senior masing-masing paramedis dan non medis serta seorang perwakilan dari pensiunan karyawan. Suasana semakin meriah dengan camfeti yang dibunyikan setelah selebrasi usai dilakukan.

Seusai selebrasi, para karyawan dan tamu undangan mengikuti prosesi ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Donny Setiawan, S.Si dari GKJ Tuntang Timur Salatiga. Merujuk kepada tema yang diusung oleh Panitia HUT RS Panti Wilasa Citarum "Revolusi Hati dan Pelayanan", Pdt. Donny mengupas revolusi hati yang juga dialami oleh Rut dan Naomi dalam kitab Perjanjian Lama. Bagaimana karena Tuhan, Rut dan Naomi mengalami perubahan hati dan pelayanan secara revolusioner. Dan perubahan sikap hati dan pelayanan tersebut lahir bukan karena kenyamanan yang diperoleh, melainkan justru karena ketidaknyamanan hidup yang dialami. Pdt. Donny juga mendorong karyawan untuk mengalami perubahan sikap hati dan sikap pelayanan karena motif Tuhan, bukan karena motif yang lain.

dr. Susetyo, Sp.A, Direktur RS Panti Wilasa Citarum, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh karyawan dalam mengelola rumah sakit selama 42 tahun, tidak lupa dr. Susetyo, Sp.A juga menyoroti banyaknya perubahan yang terjadi sepanjang tahun-tahun yang lalu, baik hal yang baik maupun yang tidak baik. Lebih lanjut dr. Susetyo, Sp.A juga mengajak seluruh civitas hospitalia RS Panti Wilasa Citarum untuk terus bekerjasama memajukan rumah sakit, terlebih dengan adanya rencana persiapan akreditasi RS dan pembangunan gedung baru tahap berikutnya.

dr. Bagoes Widjanarko, selaku perwakilan pengurus Yakkum (Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum), Yayasan yang menaungi RS Panti Wilasa Citarum dalam sambutannya juga mengapresiasi perkembangan RS Panti Wilasa Citarum selama beberapa tahun terakhir. Pengalamannya sebagai dokter yang pernah bergabung dengan RS Panti Wilasa Citarum sebelum menjadi pengurus Yakkum membuatnya memahami dengan baik perkembangan RS Panti Wilasa Citarum. Selain mengucapkan selamat atas hari jadi RS Panti Wilasa Citarum, dr. Bagoes juga mendorong seluruh karyawan terus setia bekerja dan bekerjasama mengembangkan RS Panti Wilasa Citarum supaya semakin maju dan berkembang.

Acara yang paling ditunggu oleh seluruh hadirin akhirnya tiba. Pada saat acara perayaan, Goro Goro Punakawan tampil di depan seluruh karyawan. Para pemain wayang orang yang tidak lain adalah para karyawan yang merangkap tugas sebagai panitia kegiatan harus berjibaku dengan keterbatasan waktu persiapan acara, akhirnya bisa menampilkan Gara Gara Punakawan. Wayang orang dua babak ini menampilkan beberapa tokoh wayang yang melakukan peran parodinya. Tokoh wayang yang ditampilkan adalah : Semar Badranaya, Nala Gareng, Petruk Kanthong Bolong, Bagong, Bathara Narada Kanekaputra, Raden Janaka, dan Dewi Wara Sembadra. Sementara itu dalam guyon maton-nya, para wayang orang menampilkan dua babak yang masing-masing membahas tema yang berbeda, yaitu : etos kerja karyawan pada babak pertama dan pelayanan rumah sakit pada babak kedua.

Tanggapan positif bermunculan dengan penampilan Gara Gara Punakawan tersebut, beberapa orang mengapresiasi bahkan Direksi mengusulkan untuk memproduksi seri edukasi kesehatan dengan peran serupa. Sementara Pdt. Donny Setiawan, S.Si sebagai pengkotbah mengungkapkan apresiasinya dengan membuat catatan pada blog resminya di : http://ppsetyasemesta.blogspot.com/2015/05/kreatifitas-dan-kesibukan-ternyata-bisa.html (SkD)


© 2018 RS Panti Wilasa Citarum Semarang. All rights reserved